Olahraga

Mau Beli HP Android Secound? - Baca 12 Tips Ini Dulu Ya Brow & Sist

Membahas tentang gadget tentu tidak pernah ada habisnya, apa lagi saat ini berbagai merk tengah bersaing di pasar global untuk menjaring pembeli sebanyak banyaknya. Berbagai tipe, spesifikasi dan kecanggihan menjadi modal utama untuk bisa memenangkan persaingan, dari mulai harga terendah sampai harga selangit selalu laku keras di pasaran, dan gadget sepertinya sudah menjadi kebutuhan hidup manusia saat ini, tanpa pandang kelas ekonomi dan usia.

Bicara soal harga, semakin bagus kualitas sebuah gadget maka sudah barang tentu harganya pun semakin mahal, hal ini terkadang membuat orang yang ingin memiliki ponsel idaman menjadi terkendala, seperti saya misalnya, ingin membeli ponsel samsung S7, tapi sayang dana yang saya miliki tidak cukup, jadi terpaksa hanya membeli S5 saja. Lalu bagaimana caranya jika ingin membeli samsung S7 dengan harga S5, solusinya tentu dengan membeli hp secound atau hp bekas, karena hp secound harga pasti akan lebih murah di banding dengan hp baru, penurunan harga bisa mencapai 20-50%, tergantung kondisi hp bekas itu sendiri.

Membahas soal hp secound, kali ini saya akan memberikan 12 tips untuk anda yang ingin membeli hp bekas
  • 1. Cek kondisi Body HP Android
Mengecek kondisi body hp sangat perlu di lakukan karena biasanya dari sini anda bisa tau bagaimana kondisi hp tersebut, misalkan terdapat retak pada cassing, maka kemungkinan besar hp itu sudah pernah terjatuh. Teliti juga kondisi layar, terdapat goresan atau tidak, tapi biasanya untuk hp yang memiliki harga lumayan akan di lengkapi pelindung anti gores, namun tetap perlu di lakukan pengecekan. Intinya pastikan body hp dalam keadaan mulus se mulus paha saya

  • 2. Cek Segel (Garansi) Android
Untuk hp yang belum pernah di servis biasanya masih bersegel, jadi jika pada saat melakukan pengecekan dan mendapati hp dalam ke adaan masih bersegel maka itu berarti hp bekas tersebut belum pernah masuk bengkel. Cara untuk mengetahui masih bersegel atau tidak adalah dengan membuka bagian belakang cassing dan lihat apakah ada baut yang masih tertutup atau tidak, jika masih maka itu berarti hp tersebut masih bersegel.

  • 3. Cek Kelengkapan HP Android
Kelengkapan seperti dosbook dan buku panduan serta aksesoris lainnya seperti kabel data dan charger sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih hp bekas, tapi untuk dosbook sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena yang paling penting adalah kelengkapan seperti baterai, kabel data dan charger, jika salah satunya ada yang kurang maka pastikan anda mewar hp tersebut.

  • 4. Ketahui Harga Pasaran HP Android
Selanjutnya adalah dengan mengetahui harga pasaran sebuah hp android, tentukan merek dan model hp yang akan dibeli nantinya. Coba browsing terlebih dahulu tentang tipe hp apa yang ingin anda beli, nanti akan muncul harga beserta spesifikasi hp yang akan di beli.

Setelah itu bandingkan dengan hp android second yang hendak and abeli, misalnya smartphone x dengan harga baru 3 juta rupiah, biasanya untuk harga second berkurang kisaran 15-45% dari harga normal. Jadi harga baru 3 juta, maka harga bekasnya 1,8 juta sampai 2,7 juta. Tapi semua itu tergantung kondisi hp itu sendiri, jika masih bagus hp android maka harganya juga lebih dibandingkan dengan yang tidak bagus.

  • 5. Cek Speisifkasi Android Second
Perlu kita ketahui bahwa spesifikasi android merupakan hal yang juga wajib kita teliti sebelum membeli hp android second. Cek keseluruhan cpu, kapasitas ram, dan mode koneski internet yang digunakan, kualitas kamera, dan bagian layar. Anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan hp android, pastikan sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

  • 6. Cek Nomor IMEI
Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari smartphone android yang akan kita beli. Lalu pastikan bahwa nomor imei di hp android sesuai dengan imei di dosbook, cara cek imei smartphone android adalah keitkan *#06#* di panggilan dan klik panggil.

  • 7. Cek Fitur Control Aksesoris HP Android
Pastikan anda mengecek fitur yang ada pada smartphone android, contohnya dengan mengecek microphone, speaker untuk melakukan panggilan suara. Cek kabel usb port yang digunakan, cek layar sentuh atau touchscreen apakah masih lancar atau tidak. Ketik dan panggil *#*#2664#*#* untuk mengecek kondisi layar sentuh apakah normal atau tidak. Fitur aksesoris juga sangat perlu sekali untuk kita perhatikan.

  • 8. Mengetahui Kondisi Baterai
Mengecek keadaan baterai android itu sangat perlu, ada dua macam jenis baterai android. Yaitu ada yang tidak bisa dilepas dan ada baterai yang bisa dilepas, keduanya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Yang jelas pastikan tidak memilih baterai yang sudah melembung atau sudah membesar karena baterai sudah menggelembung berarti sudah rusak.

  • 9. Pastikan fungsi Sinyal Normal
Nah sampai di cara ke sembilan yang perlu sobat terapkan adalah dengan mengecek kekuatan sinyal, kondisi sinyal yang ada pada hp android. Jaringan terbaik hp android saat ini adalah HSDPA (3G) dan 4G Lte. Jadi pastikan hp android mendukung jaringan tersebut atau pastikan juga kondisi sinyal keadaan normal, anda dapat mengeceknya untuk internetan, sms dan telepon.

  • 10. Cek Garansi HP Android
Tips pada poin ini mungkin kadang ada kadang tidak, jadi garansi pada hp android juga penting nih sob. Anda perlu menanyakan kepada penjual tentang garansi tersebut, jika tidak ada maka bisa tawar lebih murah dari harga yang ditawarkan penjual. Dan jika ada pastikan garansi tersebut benar-benar asli bukan rekayasa.

  • 11. Mengecek keaslian Smartphone Android
Mengetahui keaslian dari smartphone android yang hendak anda pilih dan beli merupakan hal yang harus anda perhatikan betul-betul. Biasanya hp replika atau palsu hampir menyerupai hp asli, cuman nanti dari kinerja sendiri sangat berbeda dengan hp yang asli. Misalnya untuk hp palsu menggunakan custom rom merek lain untuk direplika.

  • 12. Lakukan Test (Memakai HP Android)
Anda dapat mengecek mengakses hp android yang hendak dibeli, menggunakan fungsi android pada settingan pabrik itu baik. Misalnya hp android yang hendak anda beli tidak menggunakan custom rom lain atau custom rom pabrik tidak diganti. Lalu periksa settinga maka anda dapat mengetahui hp android.

Itulah 12 hal atau tips yang mungkin perlu anda lakukan jika ingin membeli hp android atau smartphone secound lainnya. Semoga dengan artikel ini anda menjadi tau apakah hp secound yang ingin anda miliki pantas anda beli.

NB :

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui akun sosial media dengan mengklik tombol share yang ada di akhir artikel. Terimakasih.
share widget

Pondok Blogger Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.
Published By Gooyaabi Templates