Olahraga

PENYABANGAN - Suasana Pagi Pasar Tradisional SEKELING

Suasana pagi pasar sekeling
 Plataran parkir pasar sekeling

Pagi ini saya mengunjungi sebuah pasar yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal saya. "Pasar Sekeling", sebuah pasar tradisional yang berada di desa penyabangan kecamatan gerokgak ini memang selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat desa penyabangan dan desa desa lain di sekitarnya.

Seperti pasar tradisional lain pada umumnya, di pasar ini juga tersedia berbagai macam kebutuhan, dari kebutuhan pokok seperti beras dan sayur mayur, perlengkapan rumah tangga, buah buahan sampai pakaian tersedia di pasar ini.

Saya sering datang ke pasar ini, namun pagi ini pasar tradisional sekeling nampak tidak seperti biasanya, beberapa pedagang yang biasanya menjajakan dagangannya di sini tidak terlihat, dan pedagang yang tidak saya lihat pagi ini adalah para penjual ikan laut. Memang, beberapa hari terakhir cuaca laut nampak tidak bersahabat, jadi mungkin nelayan tidak melaut sehingga para pedagang ikan laut pun terpaksa harus libur karena tidak ada yang mereka jual.

Suasana pagi pasar sekeling
Suasana pagi pasar sekeling

Pasar tradisional sekeling menjadi salah satu pusat roda ekonomi masyarakat desa penyabangan, meskipun pasar ini terbilang kecil, namun pasar ini mampu menjadi tumpuan hidup orang orang yang mencari rejeki di pasar ini. Bpk. Rahwen adalah salah satunya, pria yang sudah tidak muda lagi ini sudah menjadi kuli panggul dan petugas kebersihan di pasar ini sejak pertama kali di dirikan beberapa tahun silam.

Pendatang dari luar pulau pun banyak yang mencari nafkah di pasar ini, Bapak Kalsum adalah satu dari beberapa pendatang yang masih terus eksis menjajakan dagangannya di pasar ini, di bantu oleh satu putranya (Kadir), Pedagang ayam potong ini selalu nampak dengan riang melayani semua pembeli, meskipun terkadang si pembeli ada yang ngo'ngo'an.

Pasar tradisional sekeling memang selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat desa penyabangan dan sekitarnya, namun tentu saja ada wktu waktu tertentu yang bisa di manfaatkan oleh para pedagang untuk mendapat hasil yang berlipat, misalnya menjelang perayaan hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha, menjelang Nyepi dan Galungan.

Suasana pagi pasar sekeling
Suasana pagi pasar sekeling

Pasar tradisional memang akan selalu menjadi tumpuan hidup masyarakat desa, tempat mereka menggantungkan hidup bagi si penjual, dan memenuhi kebutuhan sehari hari bagi si pembeli, itu lah sebabnya pasar tradisional akan terus ada, tak bisa larut oleh waktu, tak tergerus oleh zaman, tak ter usik oleh tehnologi, dan "Pasar Tradisional Sekeling" adalah salah satunya.
share widget

Pondok Blogger Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.
Published By Gooyaabi Templates