Olahraga

Arti / Makna Warna Bendera Di Balapan MotoGP

Sobat motoGP, sudah tau hasil GP malam tadi kan?, tentunya anda yang merupakan penggemar berat motoGP sudah tau karena tidak mau ketinggalan informasi dari motoGP, termasuk saya, hehe. Yap, malam tadi motoGP yang bertempat di Qatar melahirkan juara baru yakni Maverick Viñales dari Yamaha menepati urutan pertama, di susul posisi ke dua dari Ducati yakni Andrea Dovizioso sementara Valentino Rossi hanya mampu menepati posisi ketiga di susul oleh Marc Marquez posisi ke empat dan Dani Pedrosa di posisi ke lima.


Namun bukan tentang siapa yang menjadi juara pada GP Qatar malam tadi, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang arti dari bendera yang sering terlihat di balapan motoGP. Bendera bendera tersebut sangat sering terlihat, namun tidak semua penggemar motoGP tau arti dari masing masing bendera sesuai dengan warna, dan melalui postingan ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang arti dari masing masing warna bendera di motoGP.

Arti Warna Bendera Di Balapan MotoGP

Arti Warna Bendera Hitam
Bendera hitam berarti pembalap didiskualifikasi dari balapan. Nomor rider akan dimunculkan bersamaan dengan dikibarkannya bendera hitam. Jika sudah begitu, rider yang bersangkutan harus kembali ke pit untuk menyudahi balapannya. Pembalap diberikan lima putaran untuk kembali ke pit terhitung sejak dikibarkannya bendera hitam.

Arti Warna Bendera Hitam dengan Tanda Oranye di Tengahnya
Bendera tersebut dikibarkan jika pembalap yang nomornya turut disebutkan mengalami masalah mekanis. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk si pembalap dan pembalap lainnya.

Arti Warna Bendera Putih
Dikibarkan pada saat race berlangsung. Tujuan dari dikibarkannya bendera putih oleh marshal balapan yakni memberitahu para pembalap bahwa mereka dapat mengganti mesin/motor. Biasanya dilakukan jika kondisi trek basah karena hujan yang tiba-tiba turun.

Arti Warna Bendera Putih dengan Garis Merah dan Bendera dengan Garis Kuning-Merah
Kombinasi dua bendera tersebut digunakan untuk menandai para pembalap bahwa lintasan dalam keadaan basah karena cuaca yang mulai hujan.

Arti Warna Bendera Biru
Bendera tersebut dikibarkan untuk menandai pembalap yang akan disalip oleh pembalap lain di belakangnya. Biasanya bendera tersebut ditujukan kepada pembalap yang akan di-overlap oleh pembalap di belakangnya. Atau jika di sesi latihan, pembalap yang telah menyelesaikan sesinya harus memberikan jalan kepada rider lain yang tengah menjalani sesinya.

Arti Warna Bendera Kuning
Bendera kuning memiliki banyak arti. Jika dikibarkan pada saat para pembalap masih berada di grid, maka itu pertanda balapan akan ditunda. Bendera kuning juga ditunjukkan untuk menandai adanya bahaya, dan para rider harus menurunkan kecepatannya. Salip menyalip juga dilarang pada saat bendera kuning dikibarkan.

Arti Warna Bendera Merah
Jika terjadi hujan yang sangat deras atau banyaknya kecelakaan yang menimpa pembalap sehingga tidak memungkinkan untuk balapan dilanjutkan, maka bendera merah akan dikibarkan oleh ofisial balapan.

Chequered Flag
Bendera bercorak hitam-putih menandakan balapan telah selesai, dan rider di posisi pertama telah melewati garis finis.

Sekian informasi dari saya berkaitan dengan makna atau arti dari bendera di balapan MotoGP pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog Pondok Blogger.

Pondok Blogger Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.
Published By Gooyaabi Templates