Sering Tidur Dekat Dengan Ponsel, Ini Bahayanya

Pondok Blogger - Sebuah Departemen Kesehatan California, Amerika Serikat, memberikan peringatan untuk tidak meletakkan telepon seluler di dekat tempat tidur. Lembaga ini mengingatkan warganya untuk menjauhkan alat komunikasi tersebut dari area kepala dan tubuh saat sedang tidur. Hal tersebut dipicu oleh hasil sebuah penelitian ilmiah terbaru yang menghimpun sejumlah bukti tentang bahaya penggunaan ponsel untuk anak-anak khususnya di wilayah Berkeley dan San Fransisco.

Jika sebelumnya penelitian atau riset yang telah dilakukan belum definitif dan menyeluruh mengungkap bahaya ponsel, maka riset terbaru kali ini menjelaskan lebih gamblang tentang bahaya tidur terlalu denkat dengan ponsel.

Hasil riset menunjukkan dampak negatif yang dialami oleh anak-anak itu seperti kesehatan mental yang rendah, paparan radiasi, kanker, juga munculnya masalah reproduksi. Ini karena anak yang kerap tidur dekat dengan telepon seluler akan berpotensi menerima gelombang frekuensi radio (RF) pada ponsel. Alhasil resiko mengalami hal tersebut menjadi lebih besar.

Pondok Blogger

Produsen Apple malah sudah menyertakan tulisan ‘paparan RF’ pada pengaturan iPhone, juga menjelaskan jarak amannya yakni lima milimeter dari tubuh.
Baca Juga: Sinyal Ponsel Bisa Sebabkan Kanker
Apple menyarankan pengguna untuk memakai speaker atau handsfree saat bertelepon guna menghindari pengaruh buruh RF

Dilansir laman Independent, walau bahaya pada anak lebih besar, namun bukan berarti orang dewasa tidak terdampak pengaruh buruk gelombang RF. Beberapa dampak buruk akibat terlalu sering menerima paparan sinyal FR yakni untuk jangka panjang pada otak anak-anak. Hal tersebut ditulis pada panduan kesehatan Depkes California

Studi sebelumnya malah menulis risiko menderita tumor di otak atau telinga, dan penurunan kualitas sperma juga kualitas tidur yang buruk.

Jadi, masih mau tidur dengan ponsel yang terlalu dekat dengan anda?.

Subscribe to receive free email updates: